Dengan gaji youtuber yang lumayan menggiurkan, sekarang ini banyak public figure yang ikut-ikutan membuat akun di platform berbagi video yang dimiliki oleh Google tersebut. Saking banyaknya, malah ada yang rela melepas pekerjaan formalnya demi meraup uang dari Youtube. Kira-kira berapa sih nominal dan cara menghitung pendapatannya? Yuk simak artikel ini sampai habis.

Dunia teknologi emang gak ada abisnya untuk dibahas setiap hari. Ada aja hal baru yang diperbincangkan setiap orang tentang inovasi serta tren terbarunya. Entah itu dari sisi hardware seperti smartphone atau media sosial yang cepat menyebar informasinya. Youtube sebagai salah satu media berbagi video di internet udah merajai industri ini semenjak beberapa tahun silam. Bahkan, keberadaannya bikin sekelompok kecil orang di dunia menjadi ketergantungan.

Yang dimaksud ketergantungan di sini bukanlah mereka yang ketagihan nonton video selama berjam-jam, melainkan menggantungkan hidupnya lewat konten-konten yang dibuat di channel pribadi agar memiliki penghasilan yang layak. Gaji youtuber sering menjadi objek yang seru untuk dibahas karena jumlahnya bisa mengalahkan pendapatan seorang CEO lho. Daripada berlama-lama lagi mending kita langsung aja simak pembahasannya, seperti dikutip dari Investopedia dan sejumlah sumber lainnya.


Penghasilan youtuber dari mana?

Gaji youtuber bisa didapatkan dari 3 pihak yakni langsung dari perusahaan Youtube, pihak ketiga atau perusahaan komersial yang pengin produk usahanya diiklankan dan dari penjualan barang atau jasa yang kita jual sendiri. Biar gak bingung ada baiknya kamu lihat langsung aja ulasannya berikut ini.

You tube Ads

Guna mendukung biaya operasional dan hidup para youtuber yang rutin menguggah video ke websitenya, pihak Youtube akan membagikan komisi kepada seluruh pemilik channel yang ada setiap bulannya. Istilah yang digunakan pihak perusahaan bukan gaji youtuber atau tunjangan youtuber melainkan pembagian komisi dari Youtube ads alias iklan dari klien yang dilekatkan oleh Youtube pada video sang pemilik akun. Pelaku industri kreatif yang udah lama berkecimpung juga mengenalnya dengan kata AdSense.

Melalui kebijakan yang telah dibuat sedemikian rupa para content creator bakal mendapatkan uang berdasarkan seberapa banyak jumlah penonton yang melihat atau mengakses iklan di unggahan videonya. Jadi intinya semakin banyak jumlah penonton yang melihat iklan maupun mengklik iklannya, akan semakin banyak juga pendapatan yang diberikan Youtube kepada para pemilik akun.


 

Untuk sebagian penonton mungkin hal tersebut sangat mengganggu dan gak sedikit yang mengeluhkannya. Namun kalau dilihat dari sisi lain para pembuat konten menggantungkan hidupnya lewat sistem tersebut.

Affiliate Marketing

Affiliate marketing atau dalam bahasa Indonesia berarti pemasaran afiliasi adalah sebuah hubungan timbal balik yang saling menguntungkan antara perusahaan komersial dan youtuber itu sendiri. Umumnya gaji youtuber seperti ini diberikan oleh brand, seperti perusahaan e-commerce misalnya, yang sedang memasarkan produknya.

Jadi yang pertama harus terjadi adalah kesepakatan kerja sama antara pihak e-commerce dan pemilik channel. Lalu setelah adanya kesepakatan, youtuber akan mengiklankan tentang produk atau promo yang lagi dibuat oleh perusahaan tersebut di video unggahannya. Setelah memberi tahu kode promo kepada viewers, kode tersebut akan dimasukkan oleh pembeli ketika pengin berbelanja dan dapetin diskon atau semacamnya. Sandi tersebut digunakkan sebagai identitas bahwa pihak Youtuber telah berhasil menggaet 1 pembeli dari kanalnya.

Selain memasukkan kode, ada cara lain juga seperti langsung belanja dari link yang diperlihatkan atau diletakkan di boks deskripsi video. Makin banyak orang yang pake kode promo itu semakin banyak juga pundi-pundi uang yang akan dihasilkan oleh si Youtuber.

Jualan

Sumber pendapatan You tuber selanjutnya adalah dari penjualan. Dibandingkan yang lainnya memang cara yang satu ini paling sedikit kalau dilihat dari jumlah penggunanya.

Sebab rata-rata yang memanfaatkan metode ini adalah perusahaan besar yang mengiklankan langsung produknya lewat video yang diunggah oleh pihak adminnya. Ada sih beberapa pengguna aktif yang suka memasarkan produknya dalam kegiatan sehari-hari contohnya seperti Raffi Ahmad lewat produk pakaian RA dan Atta Halilintar yang memperkenalkan brand dengan nama AHHA. Jadi secara langsung maupun gak langsung pihak pembuat konten bikin penonton pengin membeli apa yang idolanya pakai.

ENDOSMENT

Yang terakhir sekaligus yang paling umum didapatkan oleh para youtuber adalah endorsement produk. Pasti kamu sering melihat kan di awal, tengah ataupun akhir video ketika idola kamu memperkenalkan sebuah produk tertentu yang kadang suka memiliki keterkaitan sama isi konten yang dibuat.

Tujuan mereka menyelipkan iklan tersebut ya untuk mendapat keuntungan dari metode endorsement. Istilah ini emang lebih populer untuk media sosial instagram, tapi bukan berarti para youtuber gak boleh ngerasain juga, kan?

HITUNGAN GAJI YOU TUBER

Untuk mengetahui jumlah pendapatan youtuber dari Youtube ads ada 2 indikator yang bisa digunakan yakni CPM (Cost Per Mile) dan CPC (Cost Per Click). CPM sendiri adalah uang yang bakal didapatkan oleh kamu setiap 1000 penayangan iklan di seluruh video kamu. Di Indonesia sendiri nominalnya sekitar Rp 7.000 per seribu tayangan iklan. Sementara itu, CPC adalah nominal yang kamu dapetin setiap 1 orang yang mengklik iklan yang tayang di video kamu. Uang yang bakal ditransfer sekitar Rp 5.000 sampai Rp 12.000.

Semua itu bisa kamu dapetin dengan syarat minimal subscriber kamu bertambah 1000 dalam 1 tahun terakhir dan video kamu udah ditonton selama 4000 jam oleh semua viewers setahun belakangan. Selajutnya, kalau hitungan lewat metode affiliate marketing jumlahnya sangat bervariasi tergantung kesepakatan kedua belah pihak. Tetapi presentasenya bisa diperkirakan 0,1 hingga 10 persen dari harga produk yang berhasil terjual.Dari cara berjualan, tentu uang yang didapat tergantung berapa keuntungan yang pengin diambil. Semakin terkenal kamu maka semakin gampang juga menjual banyak barang dengan margin yang lebih tinggi.

Yang terakhir ada endorsement, di mana gaji yang didapatkan berdasarkan kesepakatan antara kamu dengan pihak endorser. Biasanya jumlah uang yang masuk ke rekening tergantung seberapa banyak subscriber yang dimiliki. Bisa jutaan bahkan ratusan juta kalau kamu udah terkenal banget macam Logan Paul dan Pewdiepie.


Gaji youtuber pemula

Buat kamu yang masih bingung kira-kira berapa sih uang yang bisa didapatkan pas awal terjun ke dunia Youtube bisa ambil contoh youtuber pendatang baru Abay Saputra yang mulai dikenal karena topiknya membahas serial tv Game of Thrones
Berdasarkan data dari Socialblade di atas terlihat bahwa pendapatannya sekitar US$ 226 atau setara Rp 3,2 juta sampai US$ 3.600 atau Rp 51 jutaan per bulan. Dengan catatan total viewers mencapai 700 ribu lebih dan subscriber bertambah 6.300 orang. Ambil contoh youtuber pemula lainnya yakni channel Joey Samurai Reject yang udah bergabung sejak 1 Desember 2018 lalu. Konten yang disajikan hampir semua bertemakan gaming dengan sedikit vlog.
Dengan jumlah penonton mencapai 170 ribuan orang dan subscriber hampir menyentuh angka 8000 Joey mampu menghasilkan cuan sekitar US$ 43 atau senilai Rp 619 ribu hingga US$ 693 atau Rp 10 jutaan per bulan. Nominal tersebut mungkin terdengar agak jomplang jika dibandingkan dengan youtuber lainnya yang udah terkenal seperti kanal gaming Jess No Limit yang bisa menghasilkan duit Rp 100 jutaan per bulan lewat 5 juta lebih subscriber dan 26 juta lebih penonton. Tapi hal itu bisa dimaklumi melihat jumlah penggemarnya juga yang berbeda jauh ya.

Nah itulah perkiraan gaji youtuber khususnya di Indonesia kalau kamu berminat untuk terjun ke dunia kreatif ini. Jumlah uang di atas mungkin gak bakal selalu sama dengan yang kamu dapetin nanti dan dapat berubah sewaktu-waktu seiring data statistik yang juga berganti. Tetap semangat!